Rabu, 10 April 2013

Akibat sikap kedurhakaan seorang anak kepada kedua orang tua.



1. Dimurkai oleh Allah Azza wa Jalla barangsiapa yang dimurkai oleh keduanya, maka Aku murka kepadanya
2. Menghalangi doa dan Menggelapi kehidupan Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “…Dosa yang mempercepat kematian adalah memutuskan silaturrahmi, dosa yang menghalangi doa dan menggelapi kehidupan adalah durhaka kepada keduaorang tua.” (Al-Kafi 2: 447)
3. Celaka di dunia dan akhirat
4. Dilaknat oleh Allah swt
5. Dikeluarkan dari keagungan Allah swt Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata: “Allah mengharamkan durhaka kepada kedua orang tua karena durhaka pada mereka telah keluar dari pengagungan terhadap Allah swt dan penghormatan terhadap kedua orang tua.” (Al-Faqih 3: 565)
6. Amal kebajikannya tidak diterima oleh Allah swt Dalam hadis Qudsi Allah swt berfirman: “Demi Ketinggian-Ku, keagungan-Ku dan kemuliaan kedudukan-Ku, sekiranya anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya mengamalkan amalan semua para Nabi, niscaya Aku tidak akan menerimanya.” (Jâmi’us Sa’adât 2: 263).
7. Shalatnya tidak diterima oleh Allah swt Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang memandang kedua orang tuanya dengan pandangan benci ketika keduanya berbuat zalim kepadanya, maka shalatnya tidak diterima.” (Al-Kafi 2:349).
8. Tidak melihat Rasulullah saw pada hari kiamat Rasulullah saw bersabda: “Semua muslimin akan melihatku pada hari kiamat kecuali orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, peminum khamer, dan orang yang disebutkan nama¬ku lalu ia tidak bershalawat kepadaku.” (Jâmi’us Sa’adât 2: 263).
9. Diancam dimasukkan ke dalam dua pintu neraka Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membuat kedua orang tuanya murka, maka baginya akan dibukakan dua pintu neraka.” (Jâmi’us Sa’adât 2: 262).
10. Tidak akan mencium aroma surga Rasulullah saw bersabda: “Takutlah kamu berbuat durhaka kepada kedua orang tuamu, karena bau harum surga yang tercium dalam jarak perjalanan seribu tahun, tidak akan tercium oleh orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, memutuskan silaturahmi, dan orang lanjut usia yang berzina…” (Al-Wasâil 21: 501)
11. Menderita saat Saktatul maut Penderitaan anak yang durhaka kepada orang tuanya saat sakratul mautnya pernah menimpa pada salah seorang sahabat Nabi saw.
Inilah 11 akibat dari sikap kedurhakaan kepada kedua orang tua, semoga kita semua menjadi anak sholeh dan sholihat, anak yng taat kepada kedua ibu bapak kita, anak yang senantiasa menghormati dan menghargai mereka, anak yang selalu mendoakan mereka dan mari kita berlindung dari sikap anak yang durhaka kepada kedua orang tua kita, amin. Yaa rabbal alamin.
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar